Ulasan Lengkap Meninggalnya Yockie Prayogo, Mulai dari Kronologi Penyakit hingga Tidak Hadirnya Ahmad Albar di Pemakaman

Yockie Suryo Prayogo (63), mantan keyboardist God Bless, menghembuskan nafas terakhirnya pukul 07.35 pada hari Senin (05/02/18) di Rumah Sakit Pondok Indah. Ia kemudian dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Sejak bulan Oktober hingga Februari lalu, Yockie dikabarkan sering keluar masuk rumah sakit karena komplikasi penyakit. Ia bahkan sempat mengalami kritis pada bulan November 2017 silam di ruang ICU Rumah Sakit Pondok Indah karena pendarahan pembuluh darah di otak.

Kronologi Penyakit
• Yockie pernah beberapa kali dirawat di rumah sakit karena penyakit diabetes, sirosis, dan stroke.
• November lalu, kondisinya kritis karena ada pendarahan di otak (stroke) hingga sempat muntah darah yang juga disebabkan karena diabetes dan sirosis hati yang dideritanya.
• Sudah memiliki penyakit diabetes selama 15 tahun
• Pada tahun 2017, Yockie mengidap sirosis (pengerasan hati) sudah stadium akhir.
• Ia juga sempat mengalami penyakit liver, hingga tumor di kepala.
• Sempat stabil dari stroke yang dialaminya karena homecare di rumah selama tiga bulan
• Sebelum meninggal, tensinya sempat stabil, akan tetapi terus keluar darah dari bawah dalam jumlah banyak hingga tidak bisa tertolong lagi karena sudah ada komplikasi diabetes, stroke, liver, dan tumor di kepala
• Istri Yockie, Pratiwi, menyatakan bahwa dokter sempat menyarankan agar suaminya melakukan operasi bedah kepala, untuk mengobati tumornya. Akan tetapi ia menolak karena menurutnya kondisi sang suami sudah cukup kompleks dan ia tidak mau suaminya menderita.
• Yockie juga mengalami ketergantungan ventilator (alat bantu nafas).

Konser Terakhir
Pada bulan Oktober 2017 silam, sebelum mulai keluar masuk dirawat di rumah sakit, Yockie sempat menggelar konser ‘Yockie Suryo Prayogo in Rock: Menjilat Matahari’ di The Pallas, SCBD, Jakarta.

Penggalangan Dana
Setelah mengetahui kondisi Yockie yang terus menurun saat terbaring sakit akibat pendarahan pembuluh darah di otak, para musisi menggalang dana untuk membantu membayar pengobatannya, salah satunya dalam bentuk konser amal. Konser itu sendiri digagas oleh para sahabatnya, seperti Adib Hidayat dan Kadri Mohammad. Mereka menggelar konser penggalangan dana bertajuk “Pagelaran Sang Bahaduri”, untuk Yockie.

Acara itu digelar di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat pada hari Rabu (24/1/2018) malam. Tidak hanya musisi 70-an, musisi lintas generasi juga berpartisipasi menggelar konser amal ini. Seluruh hasilnya disumbangkan untuk pengobatan Yockie. Konser ini pun dihadiri oleh banyak musikus. Beberapa musisi yang ikut tampil diantaranya adalah Andy (rif), Ariyo Wahab, Aning Katamsi, Benny Soebardja, Berlian Hutauruk, Bonita, Che (Cupumanik/Konspirasi), D’Masiv, Debby Nasution, Dhenok Wahyudi, Dira Sugandi, Fadly (Padi), Fariz RM, Fryda Lucyana, Gilang Samsoe, Ingrid Widjanarko, Kadri Mohamad, Keenan Nasution, Louise Hutauruk, Mondo Gascaro, Nicky Astria, Once, Tika Bisono, serta Eros Djarot, dan tentu saja God Bless. Namun sehari sebelum acara ini digelar, salah satu sahabat Yockie yang sebelumnya juga direncanakan akan tampil di konser amal ini, Sys NS, meninggal dunia.

Tidak hanya itu, penggalangan dana untuk Yockie Suryo Prayogo juga dilakukan melalui Kitabisa.com. Hal ini dipelopori oleh sahabat sekaligus pengamat musik Adib Hidayat. Sampai saat ini, dana yang sudah terkumpul lebih dari Rp163 juta.

Ketidakhadiran Ahmad Albar di Pemakaman

Ahmad Albar saat Melayat Yockie | Source: www.tribunnews.com
Ahmad Albar saat Melayat Yockie | Source: www.tribunnews.com

Vokalis God Bless, Ahmad Albar, mengaku ia tidak bisa hadir di pemakaman Yockie karena harus datang ke acara tujuh harian mertuanya. Akan tetapi, ia tetap datang melayat sahabatnya ini di Rumah Sakit Pondok Indah dan rumah duka. Ia juga mengaku bahwa Yockie bukan sahabatnya lagi, melainkan seperti keluarga, dan ia sangat kehilangan sosok Yockie Suryo Prayogo.

Semoga almarhum Yockie Prayogo bisa tenang di alam sana dan keluarga serta sahabat-sahabat yang ditinggalkan bisa diberikan ketabahan.

Ohiya guys, jangan lupa juga lihat video Yazena umumkan pemenang 2 modem Smart Fren ini ya!

Facebook Comments
Likes(0)Dislikes(0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.