Inilah Syarat-syarat Membuat KTP

KTP merupakan dokumen penting yang haru di miliki semua penduduk di Indonesia. KTP berguna untuk mengurus seperti berkas-berkas yang lain. Misalnya mengurus SIM, mengurus pasport dan lain-lain. KTP memuat sistem keamanan atau pengendalian dari sisi administrasi atau informasi yang berbasis database kependudukan Nasional.

Satu penduduk hanya memiliki satu Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK pada e-KTP identitas atau nomor tunggal yang di miliki penduduk di Indonesia. Selain itu juga NIK berlaku untuk seumur hidup.

 

Berbagai Syarat Membuat KTP

Adapun syarat membuat KTP baru yaitu:

  1. Berusia 17 tahun

Jika kalian sudah berusia 17 tahun , segeralah mengurus KTP. Karena KTP dokumen wajib yang harus dimiliki setiap warga Indonesia.

  1. Surat Pengantar dari RT atau RW

Selanjutnya minta surat pengantar dari pak RT atau Pak RW di lingkungan kalian.

  1. Fotokopi KK (Kartu Keluarga)

Jangan lupa membawa fotokopi Kartu Keluarga. Karena itu syarat dalam proses pembuatan KTP.

  1. Fotokopi Akta Kelahiran

Kalian juga tidak boleh lupa membawa fotokopi akta kelahiran. Akta kelahiran yang mau bikin KTP yang bukan akta tetangganya.

  1. Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri

Surat ini diterbitkan oleh Instansi Pelaksana bagi WNI yang datang dari Luar Negeri karena pindah Jika kalian pindahan dari luar negeri, kalian hrus melampirkan surat keterangan datang dari luar negeri.

  1. Surat Keterangan Pindah

Surat ini diterbitkan oleh pemerintah Kabupaten/Kota dari daerah asal. Apabila kalian berasal dari kota atau daerah yang berbeda, kalian juga wajib melampirkan surat keterangan pindah yang diterbitkan oleh pemkab atau pemkot.

  1. Datang langsung

Kemudian kalian harus datang langsung untuk foto (E-KTP). Saat proses foto KTP ini tidak boleh diwakilkan ya, kalian harus datang secara langsung. Jika memang tidak memungkinkan untuk datang kalian bisa melampirkan pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar (KTP Lama)

Informasi diatas juga sudah menjelaskan secara jelas syarat membuat KTP. Jadi buat kalian yang sudah cukup umur, segeralah mengurus KTP. Nah, ngomongin KTP, ada loh beberapa nama unik bin lucu yang ada di tanda pengenal loh. Berikut videonya.

 

 

Facebook Comments
Likes(0)Dislikes(0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.