Barbie Rilis Boneka Baru “Role Models” Wanita seperti Amelia Earhart, Katherine Johnson, dan Chloe Kim untuk Menginspirasi Anak Perempuan

Boneka Barbie telah lama menginspirasi anak-anak perempuan dengan kecantikan dan selera fashion mereka. Sekarang mereka juga menginspirasi mereka dengan kepandaian dan keberanian yang dimilikinya.

Pada hari Selasa lalu, menjelang Hari Perempuan Internasional, Barbie mengumumkan sejumlah boneka baru yang dibuat berdasarkan tokoh-tokoh di kehidupan nyata.

Konsep boneka baru ini datang setelah Mattel, pembuat Barbie, melakukan survei terhadap 8.000 ibu di seluruh dunia dan menemukan bahwa 86% khawatir dengan role model yang akan dijadikan teladan oleh anak-anak perempuannya.

“Anak-anak (perempuan) akan bisa memainkan Barbie dengan peran dan karier yang berbeda dan kami sangat gembira untuk menghadirkan role model nyata untuk mengingatkan mereka bahwa mereka bisa menjadi apapun (yang mereka inginkan),” tulis Lisa McKnight, wakil presiden senior dan general manager Barbie, dalam sebuah berita.

Minggu ini, Mattel memperkenalkan boneka Barbie dalam dua seri yang terpisah: “Inspiring Women” atau “Wanita yang Menginspirasi” yang dibuat berdasarkan pada tokoh sejarah, dan seri lainnya yaitu “Shero” (sebutan bagi pahlawan perempuan) yang ditujukan untuk wanita kontemporer yang inspirasional.

Keduanya memberikan kehormatan tertinggi untuk Barbie: menghadirkan sebuah boneka yang dibuat serupa dengan seorang wanita sejati.

Ini dia video resmi rilisnya konsep baru Barbie dengan tagar #MoreRoleModels

1. Wanita yang Menginspirasi (Inspiring Women)

Boneka “Inspiring Women” hadir dengan memberikan informasi pendidikan tentang kontribusi setiap wanita yang diberikannya untuk masyarakat.
Salah satunya adalah Amelia Earhart, penerbang wanita pertama yang terbang melintasi Samudra Atlantik. Selanjutnya adalah Frida Kahlo, seniman dan aktivis Meksiko yang terkenal.
Barbie juga akan memberikan penghargaan bagi Katherine Johnson, pelopor matematika yang mematahkan hambatan ras dan jenis kelamin. Sebagai salah satu karakter dalam film “Hidden Figures,” Johnson berada di antara kumpulan wanita yang dipekerjakan oleh NASA sebagai “komputer” manusia untuk penerbangan yang memuat manusia yang pertama kali dilakukan oleh Amerika Serikat ke luar angkasa.

Meski seri “Inspiring Women” hanya memiliki tiga boneka sejauh ini, namun akan dilanjutkan dengan rilisnya boneka-boneka baru, kata Marissa Beck, juru bicara Mattel.

2. Sheroes

Program “Shero” Barbie telah dimulai pada tahun 2015 untuk menyoroti wanita sejati yang telah mematahkan hambatan-hambatan tertentu (dalam hal yang positif) di bidang mereka masing-masing.
Minggu ini, Barbie merilis 14 boneka Shero baru, termasuk beberapa di antaranya yang menampilkan sutradara “Wonder Woman” Patty Jenkins dan snowboarder Amerika Serikat Chloe Kim, yang baru saja memenangkan medali emas di 2018 Winter Games di Pyeongchang. Boneka Shero lainnya menghormati para perancang busana, jurnalis, aktris dan pengusaha.
Selain dari Amerika Serikat, deretan Sheroes ini juga memberikan penghormatan untuk tokoh-tokoh wanita dari Australia, Inggris, Turki, Prancis, China, Jerman, Meksiko, Polandia, Italia dan Spanyol.

Boneka-boneka ini akan mulai dijual ke toko-toko dalam skala internasional dalam waktu dekat, akan tetapi saat ini hanya tersedia pre-sale di Website Barbie

Ngomong-ngomong tentang wanita inspirasional, Indonesia juga punya banyak loh tokoh-tokoh wanita hebat yang patut jadi role model untuk anak-anak perempuan. Salah satunya adalah Tsamara Amany, aktivis dan politikus cantik yang sedang ramai dibicarakan di media sosial.
Mau tau fakta-fakta tentang wanita hebat satu ini? Yuk tonton videonya!

Sumber: CNN International

Facebook Comments
Likes(0)Dislikes(0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.