7 Foto Bersejarah yang Paling Terkenal Sepanjang Masa

1. Marilyn Monroe

Source: https://cdn.cnn.com/
Source: https://cdn.cnn.com/

Lima dekade setelah kematiannya, Marilyn Monroe tetap menjadi salah satu simbol seks yang paling dikagumi di Hollywood. Ia menyandang predikat ini setelah foto dirinya yang berpose di kota New York pada tahun 1954 sebagai karakter film “The Seven Year Itch” dirilis. Suami Marilyn waktu itu, Joe DiMAggio, diberitakan menyaksikan pertunjukkan besar itu dan menjadi sangat marah karena cemburu. Keduanya lalu bercerai beberapa minggu kemudian.

2. Tahanan AS bertudung saat Perang Iraq

Source: https://cdn.cnn.com/
Source: https://cdn.cnn.com/

Seorang tahanan AS saat Perang Iraq menggunakan tudung dan berdiri di atas kardus dengan kabel listrik dikaitkan di jarinya. Foto ini menjadi skandal pelecehan penjara Abu Ghraib ketika dirilis di akhir bulan April 2004. Foto ini menjelaskan apa yang tidak bisa dikemukaan lewat tulisan yang telah dibuat oleh berbagai kelompok pembela HAM selama berbulan-bulan: bahwa para tahanan disiksa oleh tentara AS.

3. Seorang pria yang terjatuh dari gedung setelah teror 11 September

Source: https://cdn.cnn.com/
Source: https://cdn.cnn.com/

Richard Drew menangkap gambar seorang pria yang jatuh dari gedung World Trade Center di New York setelah penyerangan teror 11 September, 2001. Publikasi foto ini memicu protes masyarakat yang menganggap foto ini tidak sensitif. Akan tetapi, sang fotografer melihatnya dengan cara yang berbeda. Pada perayaan ke-10 penyerangan ini, ia berkata bahwa ia menganggap pria ini sebagai “prajurit yang tidak dikenal” yang ia harap dapat “merepresentasikan semua orang yang memiliki takdir yang sama hari itu”.

4. Penangkapan pembunuh John F. Kennedy

Source: https://cdn.cnn.com/
Source: https://cdn.cnn.com/

Dua hari setelah Presiden John F. Kennedy dibunuh pada tahun 1963, pemiliki klub malam di Dallas, Jack Ruby, menangkap Lee Harvey Oswald, sang tersangka. Fotografer Robert H. Jackson yang menangkap momen tersebut memenangkan Pulitzer Prize atas foto ini.

5. Presiden Obama menyaksikan pembunuhan Osama Bin Laden

Source: https://cdn.cnn.com/
Source: https://cdn.cnn.com/

Presiden Barak Obama dan para anggota tim keamanan nasional menyaksikan saat penyergapan Navy SEALs yang membunuh Osama bin Laden pada tahun 2011. Itu merupakan momen penting dalam sejarah Amerika, dan fotografer Gedung Putih, Pete Souza, mengambil foto yang menggambarkan ketegangan suasana di ruangan itu. “Itu adalah salah satu periode waktu yang paling penuh kecemasan, saya pikir, dalam kehidupan orang-orang yang berkumpul disana,” ucap penasihat penentang terorisme John Brennan.

6. Perjuangan ibu dengan anaknya

Source: https://cdn.cnn.com/
Source: https://cdn.cnn.com/

Fotografer Dorothea Lange menangkap gambar seorang ibu yang sedang berjuang dengan anak-anaknya pada tahun 1963 dan foto ini kemudian dijadikan ikon dari Great Depression. Ia sedang berkelana di California dan mengambil foto dari pekerja pertanian migran untuk Resettlement Administration, saat ia bertemu dengan Florence Owens Thompson. “Saya melihat dan menghampiri ibu yang sedang kelaparan dan depresi itu, seperti tertarik oleh sebuah magnet” ucap Lange pada tahun 1960.

7. Albert Einstein

Source: https://cdn.cnn.com/
Source: https://cdn.cnn.com/

Di ulang tahunnya yang ke-72 tahun 1951, seorang fotografer Arthur Sasse berusaha membuatnya tersenyum di depan kamera. Bosan karena terlalu sering tersenyum di depan kamera, sang ilmuwan pemenang Nobel Prize ini malah menjulurkan lidahnya. Foto ini menjadi foto yang paling terkenal dari Einsten, yang juga sangat menyukainya terbukti dari ia yang meminta sembilan kopi foto ini. Ia juga menandatangani salah satu foto tersebut yang terjual dengan harga lebih dari $74000 pada tahun 2009.

Anyway guys, kamu udah nonton video Dikidi yang satu ini belum? Yuk tonton sekarang!

Facebook Comments
Likes(0)Dislikes(0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.